Wednesday, February 09, 2011

Balik Pernikahan Aisyah dengan Rasulullah Saw

Sedikit berbagai kepada ikhwan dan akhwat sekalian. Ini tentang beberapa rahasia dibalik pernikahan Rasulullah Saw dengan Aisyah Ummul Mukminin ra. Beberapa fakta yang kebanyakan kaum muslimin belum mengerti sehingga tidak sedikit yang termakan oleh tipu muslihat kaum munafikin yang ingin menjatuhkan nilai Islam lewat tuduhan-tudahan murahan mereka. Semoga bisa menjadi petunjuk untuk mereka yang masih meragukan kemurnian hati Rasulullah Saw. Inilah rahasia dan faktanya :
1. Pernikahan Rasulullah Saw dengan Sayyidah Aisyah semata-mata lahir dari pendapat Khaulah binti Hakim. Untuk memperkuat hubungan antara Rasulullah dengan orang yang paling dicintainya, Abu Bakar Ash Shidiq, ayahanda Aisyah. Hal ini pula merupakan bukti bahwa usia yang dimiliki Aisyah saat itu adalah usia menikah. Kecintaan Rasulullah kepada Aisyah merupakan pengaruh alami atas kecintaan beliau kepada ayahandanya. Rasulullah pernah ditanya, “Siapa manusia yang paling engkau cintai? Beliau menjawab, “Aisyah.” Kemudian ditanya, “Dari kaum laki-laki?” Beliau menjawab, “Ayahnya.”
2. Sebelumnya, Aisyah pernah dipinang oleh Jabir bin Al-Math’am bin Adi.
3. Kaum Quraisy yang selalu menunggu event-event yang tepat untuk memprovokasi umat agar menganggap Rasulullah adalah salah, keliru, dan hanya akan membawa pada kehinaan, ternyata tidak memanfaatkan event ini untuk kepentingan tersebut, namun mereka menerimanya seperti hal yang lumrah.
4. Aisyah, saat itu, bukanlah wanita pertama yang menikah pada umur tersebut dan juga bukan yang terakhir.
5. Jika saja dorongan yang dimiliki Rasullah ketika menikah dengan Aisyah adalah dorongan syahwat semata, maka beliau akan melakukannya saat beliau masih muda, namun mengapa tidak??
6. Pernikahan beliau dengan Aisyah bukanlah pelampiasan diri setelah kematian Khadijah. Karena, Rasulullah lebih memilih menikah dengan Saudah binti Zam’ah Al Amiriyah yang tak lagi muda umurnya, lagi pula dia tak memiliki modal yang bisa diandalkan agar laki-laki tertarik kepadanya.

Inilah sekelumit fakta dan rahasia dibalik pernikahan Rasulullah Saw dengan Aisyah. Wallahu a’lam bis showab.

ana kutip dari buku “Aisyah Saja NIkah Dini” karya Ummu Aisyah penerbit Samudera Solo.